banner 728x250

Efek Pandemi Dirasakan Oleh Pengepul Sampah

  • Bagikan
(Foto: Media Center Temanggung)
banner 468x60

TEMANGGUNGNEWS.COM – Efek pandemi COVID-19 yang hampir dua tahun mendera dunia, masih dirasakan sebagian warga Temanggung sampai dengan hari ini.

Sabtu (18/9/2021) di lingkungan SMP Negeri 2 Temanggung, terlihat seorang ibu paruh baya sedang menimbang kardus bekas dan sampah-sampah anorganik.

banner 336x280

Rudiyah (45), warga Desa Tepusen Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung mengaku efek pandemi masih ia rasakan sampai saat ini.

Ibu dua orang anak ini harus memutar otak agar perekonomian keluarganya tetap berjalan, terlebih dengan penghasilan tidak tetap dan menentu.

“Gara-gara pandemi, penghasilan saya dari menjual kardus dan barang-barang ini menurun hingga 50% bahkan pernah lebih buruk,” kata dia

Itu disebabkan sebagian besar penghasilannya berasal dari sampah-sampah sekolahan dan kantin sekolah.

Karena pandemi, sampah yang dihasilkan sekolahanpun menjadi berkurang, bahkan tidak ada.

Sampah-sampah yang ia ambil hanya sampah yang sifatnya anorganik dan bisa didaur ulang, seperti kardus, kertas, botol sampai dengan plastik bekas.

“Saya melakukan pekerjaan ini dari sejak anak pertama saya umur 2 tahun hingga sekarang umurnya 21. Alhamdulillah sedikit-sedikit hasilnya bisa buat bayar sekolah anak dan sebagian untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga,” imbuhnya.

Tidak sedikit sekolah yang memanggilnya untuk membeli sampah yang masih layak jual. Akan tetapi dikarenakan pandemi, penghasilannya hanya dari sampah pasar dan sampah rumah tangga yang diambilnya tiap hari.

Sekarang di Kabupaten Temanggung sudah berjalan lagi Pembelajaran Tatap Muka. Meskipun siswa yang masuk masih dibatasi, akan tetapi hal tersebut membawa angin segar bagi Rudiyah dan teman-teman seprofesinya, yaitu yang bekerja sebagai pengepul sampah, karena dengan sampah, perekonomian rumah tangganya akan segera membaik.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *