banner 728x250

Tim Gabungan Sidak Rutan Kelas 2B Temanggung, Ini Hasilnya

  • Bagikan
Rumah Tahanan (Rutan) Kelas Dua B Temanggung disidak oleh tim gabungan Satuan Narkoba Polres Temanggung dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung, Selasa (21/9/2021) siang / Foto: MC Temanggung
banner 468x60

TEMANGGUNGNEWS.COM – Tim gabungan Satuan Narkoba Polres Temanggung dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas Dua B Temanggung, Selasa 22 September 2021.

Tim gabungan melakukan penyisiran dalam rutan dengan sasaran Narkotika dan senjata tajam.

banner 336x280

“Tujuan sidak ini adalah memantabkan tugas pokok fungsi kami apakah sudah dilakukan dengan baik dan benar,” kata Plt Kepala Rutan Temanggung, Endus Santoso, saat ditemui disela-sela sidak.

Sidak ini juga, jelasnya, untuk memastikan agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir, seperti penyalahgunaan Narkoba dan obat-obatan.

“Yang kita tes urine seluruh pegawai rutan sejumlah 40 orang dan warga binaan sebanyak 39 orang,” terangnya.

Sidak ini dilakukan sebagai langkah pencegahan, bukan karena adanya dugaan ada narkoba di Rutan Temanggung. Pihaknya berkomitmen, melaksanakan langkah nyata dalam rangka perang melawan narkoba dengan melaksanakan tes urine secara periodik dan melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum terkait.

“Tujuan kami memastikan aparatur yang bekerja di sini memang layak bertugas. Langkah yang kita ambil ini untuk pencegahan, karena pencegahan lebih kita utamakan daripada pengobatan,” tandasnya.

“Hasilnya alhamdulillah negatif semua, apabila ada anggota kami yang terindikasi penyalahgunaan akan kita lakukan tindakan proses pembinaan,” imbuhnya.

Sementara itu, sebelum tes urine dilakukan, BNNK dan pihak rutan melakukan penggeledahan di sel tahanan.

Dari penggeledahan ini, beberapa jenis barang yang dilarang disita petugas. Seperti korek api, paku, hingga batang sikat gigi yang ditajamkan.

Setelah diamankan, barang tersebut akan dimusnahkan, sedangkan pemiliknya akan diberi pembinaan.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *