banner 728x250

DPRD Temanggung Minta Pabrikan Rokok Naikkan Harga Tembakau

  • Bagikan
Pabrikan rokok di Temanggung / Foto: Tangkapan Layar ANTARA VIDEO
banner 468x60

TEMANGGUNGNEWS.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, meninjau gudang tembakau yang merupakan perwakilan pabrikan, Kamis 23 September 2021.

Peninjauan tersebut dilakukan karena serapan dan harga tembakau milik petani tidak kunjung membaik.

banner 336x280

Ketua DPRD Temanggung Yunianto dilansir dari ANTARA mengatakan, selain penyerapan masih sedikit saat ini harga beli dari pabrikan terhadap tembakau kering milik petani masih rendah yakni di kisaran harga Rp40.000 hingga Rp45.000 per kilogram untuk kualitas D.

Dengan harga tersebut, Yunianto menilai petani masih mengalami kerugian mengingat biaya pengolahan juga besar untuk itu pihaknya meminta pihak pabrikan meningkatkan harga beli yakni di kisaran harga Rp70.000 hingga Rp80.000 per kilogram.

“Kuantitas yang sudah cukup banyak ini sangat kita sayangkan dan sesalkan ketika tidak terserap. Sehingga DPRD berharap dan memberikan support, mendorong semua pihak yang terkait ini untuk melakukan penyerapan pembelian dengan baik dan tentunya dengan harga yang sesuai dengan harga dari para petani pada umumnya, sehingga apapun korelasi untuk kesejahteraan petani tembakau di Kabupaten sesuai dengan harapan,” kata Yunianto.

Sementara itu, Arif Raharja perwakilan pabrikan dari PT Djarum berjanji akan mempercepat penyerapan dan juga menaikkan harga beli tembakau kering milik petani tembakau.

“Yang standar pabrik kita beli dari Rp55.000 sampai Rp80.000. Tetapi yang kurang baik kita toleransi untuk diterima di harga Rp35.000 sampai dengan Rp52.500,” ujar dia.

Seperti diketahui tembakau menjadi komoditas andalan para petani di Kabupaten Temanggung karena mampu menopang perekonomian masyarakat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *