banner 728x250

Lima Ruas Jalan di Temanggung Akan Ditingkatkan, Mana Saja?

  • Bagikan
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Temanggung tengah melakukan peningkatan dan pelebaran jalan kabupaten diwilayah sisi utara Kabupaten Temanggung / Foto: MC Temanggung
banner 468x60

TEMANGGUNGNEWS.COM – Peningkatan dan pelebaran jalan di wilayah sisi utara Temanggung, saat ini tengah digesa Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Dengan menggunakan anggaran yang mencapai 37 miliar rupiah, terdapat lima ruas jalan yang diperbaiki.

banner 336x280

Kepala DPUPR Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana, Jumat 24 September 2021 mengatakan, lima ruas jalan yang kini tengah ditingkatkan dan dilebarkan yakni ruas jalan Kedu-Tegong-Ngadirejo sepanjang 5,1 kilometer dengan biaya Rp 14,7 miliar, Muntung-Jumprit sepanjang 2 kilometer biaya Rp 4,9 miliar.

Kemudian jalan Jumprit-Sibajak sepanjang 3,8 kilometer biaya Rp 9 miliar, Bantir-Wonoboyo 2 kilometer biaya Rp 3,9 miliar, dan jalan Kepatran-Wonoboyo sepanjang 2 kilometer dengan biaya Rp 4,3 miliar.

“Total anggaran yang digunakan untuk pembangunan kelima ruas jalan sebesar 37 milyar bersumber dari bantuan Gubernur Tahun 2021,” katanya.

Dengan pelebaran jalan, tambah dia, akses ekonomi dan sosial kemasyarakatan dan pariwisata akan lancar dari mulai perbatasan Wonosobo sampai nanti tembus Kaloran, semuanya akan lancar.

“Kita tahu saat ini setiap akhir pekan atau hari libur, khususnya di ruas jalan Sibajak hingga Jumprit selalu padat, bahkan macet, tentunya dengan pelebaran ini bisa mengurangi kemacetan,“ terangnya.

Saat ini, progres pengerjaan sudah mencapai 15 hingga 25 persen untuk lima ruas jalan tersebut, dan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Hendra menambahkan, tantangan terbesar untuk pelebaran dan peningkatan jalan ini adalah kondisi topografi dan musim hujan. Kendati demikian, pihaknya optimis bisa selesai sesuai target.

“Pelebaran dilima ruas jalan ini nantinya akan menuju standar jalan yang disarankan oleh Kementerian PUPR, jalan lokal sekunder lebar 4,5 meter dan jalan lokal primer minimal 5,5 meter,“ pungkasnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *