banner 728x250

KPU Temanggung Fasilitasi eVoting Pemilihan Lurah Pondok

  • Bagikan
Pemilihan Lurah Pondok Jami’yyatut Tholibin, Desa Wadas, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung melalui e-Voting / Foto: MC Temanggung
banner 468x60

TEMANGGUNGNEWS.COM – KPU Kabupaten Temanggung memfasilitasi Pemilihan Lurah Pondok Pesantren Jami’yyatut Tholibin, Desa Wadas, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung melalui e-Voting atau pemberian suara secara elektronik.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung, Muhamad Yusuf Hasyim mengatakan, santri dapat langsung memilih kandidat yang muncul pada layar smartphone dengan menekan satu kali pada salah satu foto kandidat.

banner 336x280

Hasil perolehan suara pun sudah dapat langsung diketahui setelah semua santri memberikan suaranya.

Selain pengenalan teknologi dalam pemilihan, KPU Kabupaten Temanggung juga melakukan pendidikan pemilih melalui pengenalan demokrasi sejak dini kepada para santri.

“Dalam pemilihan lurah ini, akan mendidik para santri untuk belajar mengenal demokrasi. Pembelajaran sejak dini tentang bagaimana mengenal Pemilu. Agar 10 tahun kemudian, para santri dapat menjadi pemilih yang baik,” ujarnya, Senin (27/9/2021) di Temanggung.

Menurut Yusuf, sebagai penyelenggara Pemilu, KPU Kabupaten Temanggung mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan makna dan implementasi demokrasi kepada masyarakat luas, termasuk kepada para santri.

Anggota KPU Kabupaten Temanggung, Adib Masyukuri mengatakan, fasilitasi penggunaan e-Voting untuk pemilihan pemimpin organisasi oleh KPU Kabupaten Temanggung itu untuk ketiga kalinya. Sebelumnya KPU setempat juga telah memfasilitasi pemilihan ketua pada organisasi penerima manfaat pada Panti Sosial Bina Netra Penganti Jateng di Temanggung, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Temanggung.

“Untuk pesantren, ini pertama yang kami kunjungi dalam rangka pembelajaran e-Voting di Temanggung, kegiatan dilakukan Jumat lalu. Melalui e-Voting, para santri diharapkan dapat belajar penggunaan teknologi dalam pemilihan,” tuturnya.

Dengan e-Voting ini, para santri dapat memilih kandidat melalui perangkat telepon pintar (smartphone) android yang telah disediakan KPU Kabupaten Temanggung. Pemilihan diawali dengan pemberian kertas yang berisi barcode (Ballot ID) untuk masing-masing santri. Kemudian, barcode itu dipindai dalam perangkat smartphone dan akan muncul foto para kandidat.

“Pemilihan lurah ini merupakan gambaran demokrasi itu dijalankan. Bagaimana kita memilih pemimpin yang dapat mengatur negara dalam lingkup kecil, yaitu pesantren. Bagaimana nanti lurah yang terpilih harus menjadi pemimpin pesantren yang bisa mengatur dan mengelola pesantren agar lebih maju,” papar Adib.

Selayaknya Pemilu, dalam Pemilihan Lurah Pondok Pesantren ini juga diawali kampanye dari para kandidat lurah, berupa pemaparan visi, misi serta program. Selanjutnya, para santri memberikan suara secara langsung, bebas dan rahasia untuk salah satu kandidat di dalam bilik suara.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *