banner 728x250

Pabrikan Rokok di Temanggung Diminta Beli Tembakau Petani Sampai Habis

  • Bagikan
Beberapa pekerja di salah satu pabrikan rokok / Foto: Instagram Bupati Temanggung
banner 468x60

TEMANGGUNGNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung terus meminta pabrikan untuk membeli tembakau Temanggung sampai habis.

Oleh karena itu, Tim Gugus Pertembakauan terus melakukan komunikasi dan pemantauan di lapangan.

banner 336x280

Ketua Tim Gugus Pertembakauan Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto mengatakan, dari pantauannya hingga Oktober 2021 ini, di gudang-gudang proses pembelian masih berlangsung, seperti di PT Gudang Garam.

Ia pun secara langsung menemui para grader dan meminta agar terus melakukan pembelian tembakau Temanggung sampai habis tidak tersisa.

“Pemerintah Kabupaten Temanggung, meminta kepada pihak pabrikan untuk menghabiskan tembakau petani. Tadi hasil pembicaraan dengan Gudang Garam mereka berkomitmen akan membeli tembakau petani sampai habis, sesuai kualitas atau standar pabrik. Intinya beli tembakau yang masih ada di petani sampai habis, kasihan petani kalau tidak terbeli,” ujarnya saat melakukan pemantauan di gudang, PT Gudang Garam, Kamis (7/10/2021).

Grader PT Gudang Garam, Tjhong They alias Hartanto mengatakan, pada prinsipnya sampai saat ini masih melakukan pembelian tembakau petani.

Akan tetapi dalam prosesnya menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena masih masa pandemi COVID-19.

“Sampai sekarang masih melakukan pembelian. Tapi patokannya tetap kualitas, sesuai standar yang telah ditentukan oleh pabrik. Kalau pabrik suruh beli terus, kita juga malah seneng,” ujarnya.

Grader lainnya Candra Purnama yang akrab di panggil Koh Sin, menuturkan, pihaknya saat ini sudah membeli tembakau hingga grade F dengan harga antara Rp.80.000 sampai Rp 90.000. Hanya saja harga di lapangan memang bervariasi.

“Ini sudah ada grade F harganya Rp 80.000 sampai Rp 90.000, tembakau Sumbing, tapi memang belum banyak ada 35 keranjang. Harga itu sesuai kualitas, seperti yang grade F ini bagus, dari bau dan warnanya sudah kelihatan,” katanya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *