banner 728x250

Polri Launching Aplikasi SITANGKAS, Dukung Tugas Bhabinkamtibmas

  • Bagikan
Polda Jateng merilis program SITANGKAS yang diikuti secara virtual dari Mapolres Temanggung / Foto: MC Temanggung
banner 468x60

TEMANGGUNGNEWS.COM – Sekda Hary Agung Prabowo, Wakil Ketua DPRD Muh Amin, dan sejumlah pejabat dari unsur TNI, menghadiri acara launching program aplikasi Sistem Informasi Tanggap, Kolaboratif, dan Responsif (SITANGKAS) secara virtual di Mapolres Temanggung, Kamis (14/10/2021).

Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin mengatakan, program ini dibuat oleh Direktorat Binmas, Polda Jateng dalam rangka optimalisasi peran Bhabinkamtibmas untuk membangun sinergitas dengan masyarakat menuju Police 4.0.

banner 336x280

“Aplikasi ini mempermudah kinerja Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan petugas di kecamatan, karena masyarakat bisa melaporkan dengan cepat. Dengan aplikasi ini diharapkan beberapa peristiwa, kejadian, seperti bencana alam, Covid-19, kebakaran, tindak pidana bisa segera dilaporkan melalui aplikasi tersebut agar Bhabin bisa segera menindaklanjuti,” jelas Kapolres.

Menurutnya, melalui aplikasi ini bisa mempercepat pelaporan maupun penanganan pertama. Harapannya semua kejadian di lapangan bisa segera dilaporkan melalui aplikasi SITANGKAS, sehingga saat itu juga langsung ditindaklanjuti oleh petugas.

“Jadi ini kecepatan mengirim implementasi dan mempercepat penanganan pertama, daripada informasi yang dilaporkan tersebut,” imbuh Kapolres.

Sekda Hary Agung Prabowo mengapresiasi program SITANGKAS ini, sebab sangat positif dan mempererat sinergitas POLRI, dengan Pemkab Temanggung, dan juga TNI, serta unsur masyarakat. Melalui SITANGKAS, para Bhabinkamtibmas, Babinsa, maupun aparat pemerintahan di Kabupaten Temanggung, yang menerima informasi dengan cepat bisa langsung mengambil tindakan awal dengan segera.

“Aplikasi SITANGKAS ini memang luar biasa, bisa mempercepat informasi untuk segera tanggap atau responsif terhadap kejadian yang ada. Sehingga melalui aplikasi ini Bhabinkamtibmas, Babinsa ini segera melakukan tindakan cepat yang harus diambil atau langkah pertama,” kata Sekda.

Wakil Ketua DPRD Temanggung Muh Amin menuturkan, sangat mendukung aplikasi SITANGKAS, dengan motonya Tanggap, Kolaboratif, dan Responsif. Intinya dengan aplikasi ini tentu yang ingin disampaikan adalah kecepatan dalam merespon keadaan yang ada di lapangan. Tentu ini dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *